Akibat pengaruh dari game ataupun film seperti Terminator Salvation, tidak jarang terpatri di otak kita bahwa robot itu aneh, seram, dan di satu titik, berwujud raksasa untuk ‘medan perang’. Apakah kenyataannya seperti itu? Tidak demikian kalau menurut perusahaan asal Jepang, Plen Project Committee.

Berawal di tahun 2005, perusahaan ini mengembangkan sebuah robot bernama Plen. Selang 10 tahun kemudian, mereka membawa generasi kedua dari robotnya, Plen2, ke hadapan publik yang lebih luas melalui situs crowdfundingKickstarter.

Plen2 02

Apa yang menarik dari Plen2? Yang pertama, robot ini sangat imut. Tingginya hanya 20 cm, tetapi ia bisa melakukan berbagai manuver yang cukup kompleks, seperti menari, membawa barang kecil seperti gelas, menendang bola dan meniru gerakan manusia dengan memanfaatkan sensor tambahan.

Info menarik: Budgee Ialah Robot Asisten Anda Saat Berbelanja

Namun yang lebih menarik adalah visi pengembangnya. Mereka ingin mempererat hubungan antara manusia dan teknologi melalui sebuah robot imut yang open-source dan bisa dirakit oleh siapapun tanpa membutuhkan pengetahuan teknis – yang diperlukan hanyalah 3D printer dan obeng.

Yup, Anda tidak salah baca, Plen2 merupakan sebuah robot yang bisa Anda cetak menggunakan 3D printer. Plen2 disertai dengan control board berbasis Arduino. Artinya, mereka yang doyan programming bisa mengulik Plen2 dan menambahkan berbagai fungsi kepadanya.

Plen2 03

Plen2 dapat dioperasikan via perangkat mobile (Android dan iOS) dan PC. Lebih lanjut, seperti yang telah disebutkan tadi, Plen2 bisa memanfaatkan berbagai sensor untuk dioperasikan melalui gerakan tubuh, ekspresi wajah, sinyal myogenic, gelombang otak (brainwave) dan lain sebagainya.

Plen2 tidak dirancang untuk sekedar lucu-lucuan saja. Ia bisa membantu proses rehabilitasi di dunia medis, serta menjadi sarana pendidikan bagi generasi muda yang ingin mendalami dunia pemrograman, kontrol mesin, sirkuit elektronik dan desain produk.

Info menarik: Tamu Hotel Canggih di Jepang Ini Akan Dilayani Oleh Robot

Saat ini Plen2 telah menembus targetnya meski masa kampanyenya masih panjang. Pledge di Kickstarter senilai $499 akan memberikan Anda seluruh komponen elektroniknya (control board, servomotor dan aksesori lainnya) beserta data 3D untuk diteruskan ke 3D printer milik Anda sendiri.

Pledge senilai $699 disuguhkan bagi yang ingin menerima set Plen2 secara lengkap dan tinggal merakitnya sendiri. Sedangkan pledge $799 akan memberi satu set robot Plen2 yang sudah dirakit dan siap untuk diajak bersenang-senang.

Bagaimana menurut Anda? Apakah Plen2 bisa mengubah pandangan khalayak bahwa mayoritas robot itu berwujud seram dan tidak ramah terhadap manusia? Kalau masih tidak percaya seberapa imutnya Plen2 ini, silakan saksikan video di bawah ini.

Sumber: Kickstarter dan TechCrunch. Sumber gambar: Plen.