Baidu PC Faster Dianggap Mengandung Program Jahat, Berikut Tanggapan Baidu

 
e health

Beberapa waktu lalu beredar artikel yang mencoba mempertanyakan apakah Baidu PC Faster mengandung program jahat. Atas perkembangan ini, pihak Baidu coba untuk angkat bicara.

Dalam sebuah artikel, yang merujuk pada pembahasan situs lain menyebutkan bahwa Baidu PC Faster disinyalir memiliki aplikasi lain yang dalam istilahnya dinamakan Foistware. Artikel ini memberikan beberapa kekhawatiran karena dianggap menganggu dan membahayakan.

Informasi atas Foistware pada Baidu PC Faster ini pertama kali dilaporkan oleh Vaksin.com. Anda bisa membaca artikelnya di sini dan sini untuk lebih lengkap.

Atas perkembangan ini, pihak Baidu mengkonfirmasi pada TRL bahwa saat ini pihak Baidu sedang melakukan investigasi produknya atas pendapat yang menyebutkan bahwa program ini mengandung program ‘berbahaya’.

Iwan Setiawan, Marketing Manager Baidu Indonesia mengatakan bahwa hasil investigasi atas hal ini akan diumumkan dalam waktu dekat. Ia belum bisa memberikan keterangan lengkap karena proses investigasi masih berjalan.

Konfirmasi ini juga senada dengan apa yang diungkapkan Iwan yang dimuat di situs TerasJakarta. Dalam konfirmasi lewat situs tersebut, Iwan menambahkan bahwa Baidu sangat menjaga keamana para pengguna mereka dan tidak akan terlibat dalam tindakan ilegal yang menyebagkan malware. Ia juga akan memastikan bahwa pengguna akan aman menggunakan layanan Baidu dan mendapatkan pengalaman positif dari produk mereka.

Situs Vaksin.com sendiri melakukan serangkaian uji atas program Bluestacks dan menemukan bahwa program ini akan membawa program lain yang tidak diinginkan, yang dalam istilahnya disebut Foistware. Program lain yang dibawanya adalah Baidu PC Faster.

Jika membaca keterangan di situs ini, sebenarnya Foistware sendiri belum tentu berbahaya, asalkan program utama serta program tambahan yang dibawanya sama-sama tidak berbahaya dan berguna bagi pengguna. Untuk istilah ‘tidak diinginkan’ sepertinya juga kurang tepat. Foistware adalah perangkat lunak yang terinstal yang tidak ada hubungannya dengan program yang diinstal pengguna. Jadi apakah diinginkan atau tidak, pengguna yang menentukan. Tetapi apakah berhubungan atau tidak, itu bahasan lain. Foistware biasanya ada dalam freeware (program gratisan) dan tentunya jika antar dua program gratisan saling bekerja sama, asalkan legal dan masing-masing program bermanfaat bagi pengguna, itu tidak masalah.

Dalam situs Vaksin.com sendiri disebutkan bahwa penyertaaan Baidu PC Faster dalam program Bluestacks telah masuk End User License Agreement, artinya jika pengguna membaca detail EULA ini pengguna akan diberikan keterangan bahwa Baidu PC Faster akan disertakan dalam instalasi program utama, dalam hal ini Bluestacks.

Selain itu, pengguna atau user juga sebenarnya bisa menginstal Bluestacks tanpa menginstal Baidu PC Faster. Ketika muncul kotak persetujuan dengan pilihan harus dicentang oleh pengguna atau pilihan ‘accept EULA’ saat menginstal, pengguna tinggal memilih salah satu program yang ingin diinstal.

EULA yang ada terdiri dari dua, EULA untuk Bluestacks serta EULA untuk Baidu PC Faster. Jadi pengguna bisa un-check jika tidak ingin mengikutsertakan program Baidu PC Faster. Namun jika ini dilakukan tentunya pengguna tidak akan bisa mendapatkan berbagai fitur yang ada pada Baidu PC Faster. Sedangkan untuk penjelasan atas berbagai fasilitas yang ada di Baidu PC Faster, pada proses instal juga telah dijelaskan fungsi dari program ini, jadi pengguna bisa membaca dengan cermat dan mengetahui kegunaan dari Baidu PC Faster.

Mengenai pembahasan di Vaksin.com tentang mesin pencari yang diganti menjadi mesin pencari B1 dalam program Baidu PC Faster serta keakuratan hasil pencariannya, tentunya ini akan berbeda-beda bagi pengguna. Sebagai analogi tentunya hasil mesin pencari Bing akan berbeda dengan Google, demikian juga hasil pencarian B1 akan berbeda dengan layanan hasil pencarian lain.

Lalu untuk hasil pencarian yang tidak berhubungan, seperti yang dibahas oleh situs Vaksin.com, sebenarnya jika ingin melihat contoh, Google sendiri mencantumkan iklan pada bagian atas hasil pencarian mereka sudah sejak lama.

Mengambil contoh kata kunci yang sama dengan apa yang dilakukan Vaksin.com (seperti yang dimuat di screenshot di bawah) Anda akan melihat bahwa salah satu hasil pencarian di Google yang ada di paling atas juga adalah iklan. Berikut perbandingan hasil pencarian dari Vaksin.com dengan mesin pencari B1 dan hasil pencarian dengan Google saat tulisan ini dibuat. (Lihat hasil pencarian paling atas).

vaksin.com

 

Screen Shot 2014-02-20 at 7.46.11 AM

Bluestacks sendiri sebenarnya cukup mencuri perhatian publik karena layanannya yang memungkinkan pengguna menjalankan aplikasi Android di Windows. Bahkan layanan ini bekerja sama dengan pabrikan laptop untuk menghadirkan aplikasi Android di laptop Windows.

Sedangkan Baidu PC Faster sendiri adalah salah satu produk dari Baidu yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan berbagai keuntungan. Perangkat lunak ini bisa membantu pengguna untuk mengoptimalisasi PC mereka dan menjaga agar PC tetap bekerja cepat, bersih dari file tidak berguna atau pun program jahat serta memastikan PC aman untuk digunakan.

Selain itu Baidu PC Faster juga memiliki empat mode pembersihan dan lebih dari 300 checkpoint dalam ‘mesin’ optimalisasi untuk mempersingkat waktu boot, memaksimalkan penggunaan memori serta hard disk dan keseluruhan kinerja sistem operasi Windows. PC Faster terintegrasi dengan fungsi Windows Update, memiliki fitur Game Faster yang mendukung para gamer untuk menikmati hobi mereka serta dilengkapi dengan Cleaner, SpeedUp, Toolbox dan App Store eksklusif.

Bukan itu saja, PC Faster juga disempurnakan dengan kemampuan scan virus built-in dan fitur proteksi browser – apapun yang Anda gunakan. Baidu PC Faster juga telah terbukti bersih oleh scan dari Virustotal.com.

Baidu PC Faster tersedia gratis untuk dinikmati dan menurut data yang ada cukup populer di Indonesia.

*) Artikel ini adalah advertorial yang disponsori oleh Baidu. Informasi tentang Baidu PC Faster bisa didapatkan lewat tautan ini. 

Selalu lebih nyaman dipanggil blogger. Suka fotografi dan senang mendengarkan musik lewat layanan streaming.

2 Comments

  1. Pingback: Inikah Tampilan Nokia X 'Normandy' yang Sebenarnya? - Trenologi

  2. Guru fisika di whatsapp

    April 20, 2014 at 11:52 am

    Yang membuat mosi tidak percaya terhadap baidu adalah
    1. baidu pc faster sering masuk sebagai penunggang software yang saya instal sebut saja ketika saya menginstal spftware dari softpedia mengapa disana juga ada baidu .
    2. Produk baidu ini tidak tampil shortcut uninstalnya .
    3. Beberapa file sisa baidu biasanya tertinggal di daerah privasi seperti appdata dan program data .
    4. Avast antivirus tidak mencurigai sisa file sebagai malicious atau severity.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>