Informasi Lalu Lintas Kota Bandung Kini Tersedia di Google Maps

 
Screen shot 2013-03-06 at 10.19.17 AM

Pengguna Google yang berada di kota Bandung atau mereka yang ingin mendapatkan informasi lalu lintas di kota Bandung kini bisa mengakses Google Maps. Google kini telah menyediakan lapisan lalu lintas (traffic layer) dari kota ini di Google Maps.

Anda bisa mendapatkan informasi lalu lintas kota Bandung secara real time di Google Maps, dilengkapi pula dengan beberapa keterangan warna pada peta jalan untuk memudahkan mengidentifikasi kondisi lalu lintas, seperti merah untuk kemacetan luar biasa, kuning untuk padat merayap dan hijau untuk lalu lintas lancar.

Dengan fasilitas ini Google berharap bisa memberikan manfaat lebih dari Google Maps bagi pengguna internet Indonesia untuk menentukan arah yang ingin dituju, terutama di kota Bandung dan bisa menentukan tingkat kemacetan yang akan dihadapi.

Data informasi lalu lintas yang dihadirkan Google ini berasal dari berbagai sumber, mulai dari instansi perhubungan, penyedia data pribadi, dan para pengguna Google Maps yang mengakses lewat ponsel yang memberikan kontribusi informasi secara anonim lewat fitur crowdsourcing lalu lintas.

Meski tidak atau belum menyediakan informasi lalu lintas secara lengkap, misalnya ada beberapa area di kota Bandung yang biasanya cukup ramai lalu lintasnya tidak/belum tersedia, namun informasi ini tentu berguna bagi mereka, baik penghuni kota Bandung atau para pengunjung dari luar kota yang akan berkendara di kota ini, apalagi tingkat keramaian kota Bandung meningkat pesat, terutama kala weekend. Data yang diberikan ini akan di-refresh setiap beberapa menit sehingga bisa menghadirkan informasi terkini tentang lalu lintas.

Indonesia menjadi salah satu pasar yang terus digarap Google, bukan hanya tentang iklan saja, tahun lalu fasilitas Google Street View juga hadir di Indonesia. Fasilitas lalu lintas ini melengkapi fasilitas yang sama untuk kota Jakarta. Apakah fasilitas ini akan tersedia juga untuk kota lain di Indonesia, sepertinya itu tinggal menunggu waktu saja, terutama untuk kota besar dengan tingkat lalu lintas yang cukup padat.

Peta lalu lintas kota Bandung ini juga telah bisa dinikmati dari akses mobile Google Maps atau dari aplikasi Maps dari Google (TRL mencobanya di aplikasi Maps untuk Android). Anda tinggal mencari pilihan menu ‘layer’ dan pilih ‘traffic’ atau lalu lintas.

Untuk mencoba fasilitas lalu lintas di kota Bandung via web, Anda bisa mengakses tautan ini, ketik Bandung dalam kolom pencarian dan klik menu lalu lintas pada kota yang ada di bagian kanan atas peta.

Selalu lebih nyaman dipanggil blogger. Suka fotografi dan senang mendengarkan musik lewat layanan streaming.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>