Bahasa Bali Kini Tersedia di Halaman Google Indonesia

 
Screen shot 2013-02-15 at 11.45.54 AM

Google kini menyediakan tambahan bahasa daerah untuk pengguna Google Indonesia. Bahasa Bali kini tersedia untuk pilihan bahasa pada halaman Google Indonesia.

Pilihan ini bisa ditemukan ketika pengguna mengunjungi Google.co.id (ada di bawah kolom pencarian). Dengan memilih pilihan ini, pengguna bisa menikmati tampilan teks dalam bahasa Bali, misalnya bisa dinikmati dari teks tampilan menu di Google. Dengan penambahan ini Google telah menyertakan dua bahasa daerah untuk pengguna Google di Indonesia, sebelumnya Google telah menyediakan pilihan bahasa Jawa.

Dalam rilis pers dikatakan bahwa proses penerjemahan ini dilakukan bulan Maret dan April tahun lalu. Penerjemahan dilakukan atas kerja sama dengan Yayasan Dwijendra serta BASAbali.org. Ada 45 mahasiswa serta ahli bahasa dari Universitas Udayana, Yayasan Dwijenda dan Balai Bahasa yang membantu proses penerjemahan.

Windhu Sancaya, kepala ahli bahasa untuk BASABali.org mengatakan bahwa penambahan pilihan bahasa Bali di Google Indonesia ini diharapkan bisa membantu mengembangkan bahasa Bali khususnya bagi anak muda yang kini suka menggunakan internet dan teknologi informasi lain. Selain itu Windhu juga mengatakan bahwa ketersediaan bahasa Bali ini, “juga akan menciptakan kesadaran bagi mereka untuk melestarikan dan mengembangkan bahasa sebagai bagian dari kehidupan mereka di tengah-tengah globalisasi”.

Sedangkan Rudy Ramawy, Head of Country Google Indonesia mengatakan bahwa Google dengan senang hati membantu upaya untuk melestarikan warisan Indonesia yang kaya budaya dan bahasa. Rudy juga berharap, “bahasa Bali di Google akan memudahkan lebih banyak lagi pengguna internet menemukan informasi yang mereka butuhkan”.

Bahasa Bali ini akan tersedia di home page Google serta di hasil pencarian, tetapi tidak menjadi salah satu bahasa di Google Translate.

ps: ilustrasi Google dengan nuansa Bali dibuat oleh I Putu Wiadnana (Bobbo) dari Kuta.

Selalu lebih nyaman dipanggil blogger. Suka fotografi dan senang mendengarkan musik lewat layanan streaming.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>