Komputer Tertua di Dunia Hidup Kembali Setelah Pensiun Selama 54 Tahun

 
Screen Shot 2012-11-22 at 8.59.41 AM

Komputer paling tua di dunia yang dinamakan Harwell Dekatron telah diboot ulang dan dinyalakan tepat pada hari National Museum of Computing di Bletchley Park di Inggris. Komputer yang sering disebut “Witch” atau “penyihir” ini dinyalakan kembali sebagai bagian dari proyek restorasi yang telah dilaksanakan selama 3 tahun belakangan.

Harwell Dekatron sendiri dibangun pada tahun 1951, sebuah komputer perintis dengan tinggi 2 meter dan seberat 2.5 ton. Harwell Dekatron juga diperlengkapi dengan event machine, 828 Dekatron valve, 480 relay dan sebuah tempat penyimpanan tape reader.

Pada masanya, Harwell Dekatron merupakan satu dari sedikit komputer yang ada di dunia dimana saat ini The Witch merupakan satu-satunya yang masih bisa bekerja melakukan komputasi ringan. Harwell Dekatron juga merupakan komputer semi-programmable pertama di dunia.

Harwell Dekatron sendiri dibangun di Harwell Atomic Energy Research di Inggris untuk melakukan kalkulasi rutin selama 6 tahun sebelum akhirnya dipensiunkan dan diganti mesin yang lebih modern. Tentu saja kekuatan komputasi Harwell Dekatron tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan telepon seluler yang saat ini sedang ada di kantong anda.

Rama Mamuaya adalah blogger teknologi sekaligus pendiri dan pengelola DailySocial.net dan Trenologi.com. Berkecimpung di dunia IT sejak usia dini, Rama memutuskan untuk mendedikasikan dirinya di dunia teknologi sejak SMA dan terus fokus dalam menulis dan mengelola perusahaan media dan event.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>